Minggu, 03 Februari 2013

RPP Aqidah Akhlak MTs Berkarakter


RPP Akidah Akhlak MTs berkarakter

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah                    :  MTs Daarul Ma’rifat
Mata Pelajaran           : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester         : VII / 1
Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit
  1. A.   Standar Kompetensi   :
    1. Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.
  1. B.   Kompetensi Dasar      :
1.1.  Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam.
  1. C.   Tujuan Pembelajaran   :
  • Dapat menyebutkan dasar–dasar akidah Islam
  • Dapat menjelaskan pengertian akidah Islam
  • Dapat menjelaskan tujuan akidah Islam
 Karakter siswa yang diharapkan :
  • Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
  • percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
  1. D.   Materi Pembelajaran    :
  • Dasar–dasar akidah Islam
  • Pengertian akidah Islam
  • Tujuan akidah Islam
  1. E.   Metode Pembelajaran :
  • Ceramah : metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerja kelompok : kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian najis, macam-macam najis, membuat bagian najis
  • Diskusi : metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran & Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
 F.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan
Nilai yang ditanamkan
  1. A.   Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
  • Menanyakan kepada siswa tentang akidah Islam
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
 Kegiatan inti
  • Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam (eksplorasi)
  • Siswa membaca  berbagai sumber tentang dasar dan tujuan aqidah akhlak (Eksplorasi)
  • Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam (Elaborasi)
  • Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
  • Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan pengertian,  dasar dan tujuan akidah Islam (Konfirmasi)
Kegiatan penutup.
  • Guru melaksanakan penilaian lisan
  • Memberikan tugas pengayaan

10
50
5
10
5
v  Pemahaman Konsep
  • § Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama


  1. G.   Sumber Pembelajaran
  • Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat  kursi dan terjemahnya
  • Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
  1. H.   Assessment/ Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
  • § Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama

  • Siswa dapat  menye-butkan dasar–dasar akidah Islam
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian akidah Islam
  • Siswa dapat menjelaskan tujuan akidah Islam
Tes tulis
Tes tulis
Tes Tulis
Jawab singkat
Uraian
Uraian
  • Sebutkan dasar–dasar akidah Islam ?
  • Jelaskan  pengertian akidah Islam ?
  • Jelaskan  tujuan akidah Islam ?

  
Mengetahui,
Kepala Madrasah


……………………………..

………………., Juli  2011
Guru Bidang Studi,
                   

Yanda Dinata, S.Pd.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah                    :  MTs Daarul Ma’rifat
Mata Pelajaran           : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester        : VII / 1
Alokasi Waktu          : 2 x 40 menit
  1. A.   Standar Kompetensi   :
    1. Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.
  1. B.   Kompetensi Dasar      :
1.2.  Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
  1. C.   Tujuan Pembelajaran   :
  • Dapat menyebutkan Dalil tentang dasar–dasar akidah Islam
  • Dapat menjelaskan pengertian Dalil tentang dasar akidah Islam
  • Dapat menjelaskan dan tujuan Akidah Islam
  • Dapat menyimpulkan pengertian, dasar akidah Islam
 Karakter siswa yang diharapkan :
  • Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
  • percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
  1. D.   Materi Pembelajaran    :
  • Dalil tentang dasar–dasar akidah Islam
  • pengertian Dalil tentang akidah Islam
  • tujuan akidah Islam
  • menyimpulkan pengertian, dasar akidah Islam
  1. E.   Metode Pembelajaran :
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam, macam-macam Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam, membuat bagian Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam.
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. F.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan
Nilai yang ditanamkan
Pendahuluan :Apersepsi dan Motivasi :
  • Menanyakan kepada siswa tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Kegiatan inti
  • Siswa diminta membaca  dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam dan tujuan akidah Islam  melalui indeks Al-Qur’an (eksplorasi)
  • Siswa diminta menuliskan 3 pertanyaan dan jawaban berkaitan dengan dasar dan tujuan akidah Islam yang telah dibaca (Elaborasi)
  • Siswa diatur untuk  saling bertanya dan guru memberikan skor
  • Guru dan siswa menyimpulkan pengertian, dasar, dan tujuan akidah (Konfirmasi)
  • Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
Kegiatan penutup.
  • Guru melaksanakan penilaian lisan
  • Tanya jawab tentang Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
  • Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10
50
5
10
5
¨      Pemahaman Konsep
  • § Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama


  1. G.   Sumber Pembelajaran
  • Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat  kursi dan terjemahnya
  • Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
  • LKS
  • Hasil kerja siswa
  1. H.   Assessment/ Penilaian
Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
  • § Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama

  • Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan dasar Akidah Islam
  • Dapat menyebutkan dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam
  • Dapat menyebutkan dalil-dalil tentang tujuan akidah Islam
  • Hafal dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam
  • Hafal dalil-dalil tentang tujuan akidah Islam
Tes tulis
Tes tulis
Tes Lisan
Penugasan
Penugasan
Isian
Uraian
Uraian
Hafalan
Hafalan
  • Jelaskan  pengertian dalil yang berkaitan dengan dasar Akidah Islam ?
  • Sebutkan dalil tentang dasar-dasar akidah Islam ?
  • Sebutkan dalil tentang tujuan akidah Islam ?
  • Hafalan dalil tentang dasar-dasar akidah Islam ?
  • Hafalan dalil tentang tujuan akidah Islam ?


Mengetahui,
Kepala Madrasah




………………………………

Tasikmalaya, Juli  2011
Guru Bidang Studi,




……………………………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar